Pages

Senin, 25 April 2011

Jaring Ikan

Permainan jaring ikan adalah permaianan yang dapat dimainkan oleh anak atau orang dewasa tanpa membutuhkan alat/media, yang dibutuhkan dalam permainan ini hanya jumlah anak minimal 10 maksimal 15 atau 20.
Cara memainkan dan aturan permainan: 

pertama guru menentukan batas garis tempat permainan atau dapat diartikan sebagai kolam yang mana anak yang mengikuti permainan ini harus berada didalam garis, ke 2, guru menunjuk anak sebanyak 2 orang yang bertugas seperti jaring, selebihnya anak yang tidak ditunjuk menjadi ikan. 2 orang anak yang ditunjuk sebagai jaring berpegang tangan  dan berlari menjaring teman-teman yang menjadi ikan. anak -anak yang menjadi ikan sebisa mungkin menghindar dari jaring agar tidak tertangkap oleh jaring namun tidak boleh berlari sampai keluar batas garis, anak atau ikan yang sudah terjaring berarti menjadi jaring dan bertugas menangkap ikan secara berpegangan tangan dengan jaring yang ada begitu seterusnya. selamat mencoba...

Analisa permainan:

dalam permainan ini banyak aspek yang dapat dikembangkan pada anak diantaranya anak dapat mengembangkan kecerdasan afektif, kognitif dan psikomotorik. kecerdasan afektif dalam permainan ini yaitu dimana anak dapat merasakan keceriaan atau kesenangan sesuai dengan masa anak yaitu bermain sambil belajar. kecerdasan kognitif dalam permainan ini yaitu dimana anak dapat menyusun strategi dan kesepakatan dalam menangkap ikan sebanyak-banyaknya. Adapun kecerdasan psikomotorik anak dalam permainan ini adalah disaat anak mengolah gerak menangkap ikan kalau tugasnya sebagai jaring dan menghindar dari ljaring kalau tugasnya sebagai ikan agar tidak tertangkap oleh jaring.

2 komentar:

  1. warnabunga ummu salman22 Juni 2011 pukul 21.15

    assalamualaikum...salam kenal ukh..nice blog, mau tanya nih..yang jadi jaring gantian sama ikannya yg kena jaring ya..jadi yang jadi jaring ttp 2 anak?

    BalasHapus
  2. Wa'alaikumussalam...salam kenal juga ukh, anak yang bertugas menjadi jaring akan menangkap anak yang menjadi ikan, setelah ikan (anak) tertangkap maka Ikan(anak)bergabung menjadi jaring, akhirnya jaringnya bertambah panjang dst sampai ikan terjaring semua..
    mudah2an blog ini bermanfaat bagi para guru dan bunda yang senantiasa memberikan cinta kepada anak2nya melalui bermain sambil belajar.
    jazakillahukhoir atas kunjungannya..

    BalasHapus